Thursday, October 29, 2009

Analisa PerBandaran II

Gimana BD bisa Rugi, BD ngeshort BUMI mulai 24 September, saat itu IHSG masih 2478 dan IHSG naik sampe puncaknya 2559, jadi selama BUMI dishort, IHSG naik +81 point dan selama itu pula minyak naek sampe 82...

Embah sudah peringatkan, ini adalah scenario berulang:
- Dulu ketika minyak masih 100 dollar, mereka sudah mulai jualan meskipun minyak naik terus sampe 147.
- Begitu pula sekarang, mulai 24 September mereka mulai jualan meskipun minyak dan ihsg naik terus ke 2559.
- Selama mereka menshort BUMI, mereka mengangkat saham LQ45 jadi posisi BD pada LQ45 masih FULL !!! dan IHSG bisa naik.
- Nah anda kan tahu, volume perdagangan BUMI itu kan SEGEDE BAGONG, dan dishort selama sebulan penuh, anda bayangkan BERAPA BANYAKnya saham BUMI yg dishort.
- Pada awal dishort harga BUMI adalah 3375 dan hari ini 2400,
jadi sudah turun -29%
- Sekarang IHSG dihancurkan, anak2 saham Bakrie dihancurkan, Regional minus, mereka tinggal beli balik diharga HANCUR.
- Jadi anda tinggal hitung keuntungan mereka = 29% x Triliunan

Embah sudah peringatkan, BD tidak ada untungnya ketika menaikan IHSG kepuncaknya tapi akan UNTUNG GEDE dengan ngeshort ketika market jatuh, TERBUKTI KAN ?.

Dan portfolio BD pada LQ45 ternyata malah rugi karena BD menggunakan scenario 2 yaitu FAST and DEEP CORRECTION agar keuntungan 29% kali Triliuannnya bisa DICASHKAN..

Tapi ingat kerugian di LQ45 kan UNREALISED sedangkan profit diBUMI kan CASH dan SEGEDE GAJAH. Jadi tentunya akan ada SCENARIO lanjutannya kan... hehehe....

Engga usah ngitung pake cara susah susah, pake cara ngitung tukang kelontong aja jelas BD untung gede...

Pasar modal itu merupakan siklus seperti siklus pada menanam padi.

Padi ditanam, dipelihara dan dibesarkan lalu dipanen ini satu siklus.

BD juga seperti petani, mereka bekerja dengan pola yg sama.

Siklus ini akan berulang karena kalo tidak berulang maka petani dan BD tidak akan pernah memanen lagi selamanya.

Tapi satu siklus itu kan lama, apakah pak Jacob bisa sabar menunggu saat panen selanjutnya ?.

Dan apakah hari ini panen sudah tuntas ?.

Memang menghitung ini rumit, tapi salah satu indicatornya ialah AVERAGE COST harga beli saham para Trader.

Pada saat BD memaksa Trader Cut Loss , maka barang yg dicut loss pindah ke BD atau ke New Trader. Jadi tidak semua barang yg dicutloss oleh trader masuk ke BD.

Tapi yg PENTING bagi BD ialah AVERAGE COST para trader harus sudah kecil alias Trader yg modal tinggi sudah diganti dengan trader modal rendah...

Jika Average Cost ini sudah rendah, ini berarti:
- BD sudah banyak dapat untung dan
- Saham tsb siap untuk diangkat lagi.

Jadi si BD pasti akan meneliti rekening rekening trader apalagi trader yg maennya gede, caranya gimana, musti tanya ama BD... hehehe...

Kalo turunnya harga BUMI dari pengamatan Bandarmologi selama sebulan ini, sbb:
- Yg gede buang BUMI segede bagong sambil naekin index supaya BUMI engga turun banyak dan banyak yg mau beli BUMI.
- Sesudah cukup banyak buang BUMI, turunkan harga BUMI dengan cepat agar Trader Cut Loss lalu angkat lagi dengan cepat agar trader ngejar ngejar beli BUMI.
- Lanjutkan lagi jual BUMI agar trader pada nyangkut. Distribusi barang yg gede sementara selesai, lanjutkan dengan PENGHANCURAN harga.
- Jumlah barang yg dibagi cuman sedikit tapi market dibikin ngeGUBRAK dengan menurunkan LQ45 (scenario GUBRAK yg embah tulis untuk menjawab pertanyaan kang Ocoy tadi malam).

Memang benar BUMI turun karena faktor Valuasi seperti kang Ocoy bilang, tapi selama yg gede belum selesai jualan, harga masih dijagain tapi sesudahnya, SEGALA CARA digunakan untuk menghancurkan harga...

Pada saat PENGHANCURAN HARGA hari ini, begitu banyak saham hancur dengan hanya SEDIKIT distribusi.

Tadi malam, embah udah bilang ama kang Ocoy, kalo LQ45 dijual bareng bareng BUMI maka IHSG engga akan kuat menahannya.
Tapi BD memilih scenario INI... APA MAU DIKATA... IHSG sampe minus 80an...

catatan Kang Ocoy

Punten Mbah, buat saya pribadi. Turunnya Persepsi harga BUMI sesimpel Value-nya BUMI di destruct oleh bbrp aksi korporasi belakangan ini.
Model Valuasi semua analis yg sampe kepada TP 3500 + me-relied asumsinya pada harapan pencapaian produksi yg buat saya terlalu besar dan asumsi ASP yg tinggi. On the contrary, switch scenario Measurement valuasi Pasca keputusan CIC masuk dan uangnya dipake utk early payment tentu saja mukul nilai wajar BUMI dr level 3000an. Bbrp institusi hilang appetite didepan peluang freecash yield yg buruk dan kombinasi naeknya gearing level untuk hal yg tidak produktif (ingat rally BUMI ke 8000 dulu? Ammo nya dulu adalah turunnya leverage krn pelunasan hutang jangka panjang hasil jualan TATA, kenaikan produksi pada rate yg steady dan impresif serta ASP prospek yg naek gila2an sesuai kenaikan harga pasar dan free-up kewajiban jual di harga fix terkait hutang ke crrdit suisse, skrg kondisinya adalah sebaliknya, gearing naik,produksi mandek,asp stagnan). Angka full value saya sekitar Rp 2350. tapi bbrp minggu lalu seorang trader dari brokerage asing berlambang banteng cabang singapur sempet discuss bahwa bbrp HF operator malah liat valuasi BUMI harusnya dibawah angka saya jauh dan berencana initiate posisi short. Saya pribadi gak setuju kalo BUMI harga wajarnya masih dibawah ini lagi, tapi jujur, given free cash dia yg negatif, isi neraca dia yg banyak intangibles-nya, valuasi BUMI kalo ngotot wajar di 4000 akan makin pelik untuk diambil makin ke depan. Krn angka 4000 itu diconstruct dr asumsi yg either overstated atau terlalu forward looking. And those kind of view bound to be adjusted when the delivery is unsatisfacting. Capai 100 Jt MT itu susah, gallo oil bor minyak blon dapet dan kapitalisasi biaya ngebornya udah lmayan di neraca, pasir besi jg, herald itu bakalnya penambangan bawah tanah skala gede di hutan lindung, kalopun izin sudah ada, biaya pasti akan membengkak krn jujur tambang bawah tanah mineral level gede di indonesia belon ada yg berpengalaman. Newmont, freeport itu tambang terbuka loh. However, ada peluang pembalikan pada Cerita akuisisi. Namun Akuisisi story di Indonesia yg bisa create value krn bisa revenue contribute lgsg hanya berau coal dan newmont batu hijau. Saya gak nge-short krn kita disini cuma long only. Tp jujur, appetite institusi lokal di BUMI udah beda jauh dgn yg waktu jaman 2007-2008 dulu. We learnt our lesson mbah, Hardway. Its FreeCashFlow That Matters in the longrun.

On The Contrary Pak Ruslim. (This Is Without Vested Interest) Personal View saya. justru kalo BUMI di Punish sampe deket2 ato dibawah Rp 2000 (saat MOS mulai terbuka), mungkin disitu shorter akan mulai dapet "lawan institusi". dan akan ada yg re-visit BUMI dan willing to take the narrowing downside-risk. paling engga dengan Premis ;

1. Anggeplah saya termasuk Institusi Yg Optimis sama BUMI dan set Fair Value Rp 2900 (Ini rata2 TP Konsensus) Kapitalisasi Dari Value-Destruction Pinjaman CIC dan Early Payment adalah sekitar 500-550 Mn USD, jatuh dari Rp 2900 ke Rp 2350 Equal Diminishing In Market-Valuation Perception sebesar Rp 12 T atau sekitar 1.2-1.25 Bn USD. atau 600-700 Mn OverPunished dan berpeluang revert paling enggak ke Rp 2650.

2. Anggeplah saya belong to conservatife Long Side Institution (nah yg ini emang iya) Set Fair Value BUMI di Rp 2350 sehingga adjustment 550 Mn Value Destruction berarti Ekuivalen Harga Rp 2100 yg berarti harga dibawah level itu sudah Menutup Resiko Downside akibat bad management decision terkait CIC borrow and spending.

Nah saya pikir gabungan dari Pemain Institusi yg mengambil persepsi poin 1 dan poin 2 diatas adalah sekitar 60-70% dari bigshots yg bermain LongSide di BUMI. jadi dibawah Rp 2350 ini menurut saya pertempuran justru bakal lebih seru. hanya memang untuk Upside keatas cenderung susah karena harus terkait angka yg keluar di laporan keuangan dan operasi jika wajar kalo pemain besar set MOS yg lebih besar untuk masuk supaya upside potential jadi lebih lebar even TP secara FA tidak diupgrade.

tapi buat saya pribadi lagi, hal yg paling menarik adalah jika kerusakan akibat BUMI ini sistemik nimpa peers-coal proxy yg laen. padahal mereka semua gak ada masalah sama balance dan free cash nya. ini jadi peluang scoop-up yg bener2 menarik. ketika FCF-Yield F 09 aja udah di 9-10 %. Arbitrary Position dari Cash en Fixed Income dengan senang hati saya masukin ke equity coal-proxy yg ikutan kena systemic down. bahkan mindahin dari BUMI yg FCF Yield nya masih Minus pun bisa jadi peluang arbitrage bobot yg menarik kalo peers nya ikutan kepukul sampe bisa kasih FCF Yield 9-10% tadi.


ya ada baiknya kita cek cek lagi jg si BUMI ini lah. gak ada eternal love or hate di market. hehe.


Kecuali mgkn si Rojak Kicaw G*mbel en G*blok lagi, It surely feels good to temporary Dump BUMI and thus make those dimwit balls shrink.

No comments:

Post a Comment