Monday, October 19, 2009

BW Chaos Theory's Balance Line VS PIG's Centreline.

Gerakan harga dibursa merupakan misteri dan orang terus menerus berusaha mencoba mengerti....

Pertama orang menggunakan pendekatan Matematis untuk memetakan gerakan harga tsb dan jadilah Ilmu Technical.

Embah menggunakan Concept PIG (pasar itu gila) yg mengatakan harga begerak seperti gelombang yg bergerak diantara Titik extrim kegilaan bawah dan Titik extrim kegilaan atas.

Dan Bill William menggunakan Concept Theory Chaos pada gerakan harga.

Coba kita lihat perbedaan dan persamaan ketiga teory diatas pada Case mencari TITIK TENGAH/KESEIMBANGAN HARGA:

1. Pendekatan Matematis:
Disini orang menggunakan tehnik Moving Average, tehnik ini sudah meluas digunakan meskipun tehnik ini sebenarnya tidak berusaha mengerti hakekat dan sifat gerakan harga itu sendiri Malah MA200 sudah jadi standard bagi long term investor untuk menentukan BATAS antara BULLISH dan BEARISH market. Kenapa digunakan angka 200 dan bukan angka lain misalnya
175 hari untuk mencari KESEIMBANGAN antara Bullish dan Bearish sepertinya tidak ada alasan ilmiahnya.

2. Pendekatan PIG:
Pada pendekatan PIG, keseimbangan antara Price Overshoot keatas dan Overshoot kebawah didapatkan dengan mencari MEDIAN antara Extrim atas dan extrim bawah seperti ditunjukan pada grafik Dowjones dibawah.

http://www.obrolanbandar.com/pwldjiachaos.png

Dari gambar, terlihat Cara ini cukup efektif, garis KESEIMBANGAN sudah ditest 5 kali (5 lingkaran coklat).

3. Pendekatan Theory Chaos:
Menurut si Bill, garis biru buaya adalah Balance Line yaitu garis keseimbangan dinama market bebas dari pengaruh peristiwa Chaos yg Random dan Unpredictable yg terjadi setiap hari.

Jadi meskipun si Bill menggunakan metoda MA tapi parameter nya didapat dari hasil experiment, jadi tidak asal tembak seperti MA20, MA50 atau MA200.

Mungkin ini seperti obat, obat dengan takaran yg benar akan SEIMBANG dengan tubuh sehingga penyakit bisa sembuh. Obat batuk 1 sendok bisa menyembuhkan batuk, obat batuk seperseratus sendok tidak ada pengaruhnya, obat batuk 100 sendok akan mematikan.

Jadi disini yg PENTING bukan hanya obat batuknya tapi TAKARAN yg tepat yg SEIMBANG dengan tubuh.

Begitu pula dengan soal MA, Disni Bill William berhasil menemukan parameter MA yg BISA menghasilkan BALANCE LINE yg mewakili garis harga yg BEBAS dari Pengaruh peristiwa Chaos yg ramdom terjadi.

Tapi kalo si BILL boong soal ini, kita juga engga tahu. Tapi sebagai catatan dari Embah: Bill William terkesan terlalu memaksakan teory Chaos pada metoda Profitunity, mungkin supaya buku dan kursusnya LAKU... hehehe...

Note:
- Tujuan UTAMA Balance line, bukanlah untuk Jual/Beli, Balance Lines digunakan utk menentukan arah market dan menghindarkan kita invest/trading pada Non Profitable stock. Tapi saat ini embah memakainya untuk STOCK SELECTION. Embah lagi mengumpulkan
daftar saham yg bagus dengan metoda ini, nanti embah akan publish.
- Untuk Buy dan Sell, Bill mnggunakan metoda Fractal, Divergence Bar dll, embah belon sampe kesini... tenang aja masih ada 2 bulan lagi sampe 2010... hehehe...

No comments:

Post a Comment