Wednesday, October 21, 2009

Fractal - Bill William

Apa itu Fractal ?


Fractal adalah PERUBAHAN PERILAKU kata si Bill....

Contoh:
- Keadaan kebakaran menjadi tidak kebakaran adalah suatu Fractal
- Perubahan harga yg asalnya downtrend menjadi uptrend adalah suatu Fractal.

Jika harga berubah dari turun menjadi naik disebut Fractal Down (Bentuk V).
Jika harga berubah dari naik menjadi turun disebut Fractal Up (V terbalik).

Menggapa Fractal ini penting kata si Bill ?

Karena semua pergerakan harga yg BESAR berasal dari fractal ini, jadi Fractal ini sangat penting. Fractal ini seperti titik api yg bisa menjadi kebakaran besar atau malah padam, tapi tidak mungkin ada kebakaran besar bila tidak diawali titik api
kecil.

Pada gambar dibawah terlihat banyak Fractal (Black Diamond), Fractal2 ini ada yg tidak significant TAPI ada yang menjadi TITIK REVERSAL. Jadi titik titik Fractal ini harus diawasi

http://www.obrolanbandar.com/piwbumi.png

Kata fractal berasal dari Facture atau Broken, kata fractal ini dikemukakan oleh Mandelbrot, seorang ahli Chaos (kekacauan).

Fractal adalah sebuah bentuk geometri dimana jika dipecah pecah menjadi pecahan yg lebih kecil maka pecahan kecil itu akan punya bentuk yg SELF SIMILARITY dengan bentuk aslinya.

Kenapa perubahan harga/reversal disebut Fractal karena memang bentuk fractal V ini adalah pecahan yg SELF SIMILAR dari bentuk fractal V yg lebih besar.

Contoh:
- Jika pada grafik mingguan terjadi Fractal V maka pada skala harian akan ditemukan juga Fractal V yg lebih kecil. Dan ini akan berulang keskala yg lebih kecil, jam dan menit.

Kebakaran besar berasal dari kebakaran yg lebih kecil dan kebakaran kecil berasal dari titik api. Tapi ini tidak berlaku sebaliknya. Jadi jika ada titik api maka belum
tentu jadi kebakaran besar.

Kalo kita lihat grafik BUMI, pada level 2850 sudah terjadi Fractal V pada skala grafik 30 menit, apakah Fractal ini akan menjadi Fractal V yg lebih besar pada skala harian atau mingguan ?. Jawabannya belum tentu, tapi perhatian kita harus FOCUC pada Fractal V di 2850 karena fractal intraday ini bisa saja menjadi CIKAL BAKAL fractal V
yg lebih besar...

Ingat semua GERAKAN BESAR BERASAL DARI BENTUK FRACTAL INI, jadi semua trade sebaiknya dimulai dengan adanya fractal...

Kalo diartikan secara POPULER, Fractal V artinya perubahan sifat atau perilaku.

Kita ambil case BUMI:
- pada level 2850, pada periode 5x 30 menit terjadi perubahan sifat BUMI yg maunya TURUN menjadi NAIK.
- Seperti embah bilang sebelumnya, fractal V 30 pada grafik 30 menit ini tidak menjamin akan menjadi fractal V pada grafik harian.
- Tapi AT LEAST, kita tahu bahwa pada level 2850 muncul 'TITIK API' yg bisa membesar atau pada kembali padam.
- Tapi kita sudah siap untuk Trade, tapi menunggu signal2 lain yg mendukung.
- Si Bill menggunakan indicator Momentum AO dan indicator Accelerator AC untuk mendapatkan signal tambahan.
- Tapi bisa saja kita menggunakan indicator lain yg kita sudah pahami untuk memulai Trade kita.

Portfolio selection

Ingat:
- Profitunity Trading System menganjurkan kita untuk tidak mengambil posisi beli dibawah buaya. Apakah artinya kalo beli BUMI di 2800 sekarang akan KALAH ?.

Jawabannnya: TIDAK !!!

Metode profitunity system mengajarkan kita untuk mencari saham yg profitable dengan kemungkinan naik lebih besar dari pada turun.

Daerah diatas buaya umumnya adalah daerah UPTREND jadi kalo kita maen diatas buaya kemungkinan kita menang lebih besar dibanding kalo kita maen dibawah buaya.

Jadi kalo kita menggunakan metoda Profitunity maka portfolio investasi kita umumnya berisi saham saham yg harganya ada diatas buaya.

Kalo buaya diganti ama MA, namanya metodanya jadi metoda kadal ..

Dan akan timbul masalah apakah Profitunity Trading system secara keseluruhan bisa bekerja pada gambar kadal yg terjadi dengan menggunakan MA ?.

No comments:

Post a Comment