Friday, November 27, 2009

Temperatur OB pagi ini cukup tinggi

Temperatur OB pagi ini cukup tinggi... hehehe....

Market BEI secara harian adalah perang antara pada BD dan retailer, begitu juga didalam OB itu ada kubu BD dan kubu Retail, kedua duaNYA punya tempat yg SEDERAJAT di milis OB.

Ada saatnya milis OB:
- Optimis banget lalu besoknya market digebug
- Disaat lain, milis OB pesimis, besoknya rebound
- Ada saatnya milis OB ribut dan 'menutupI' posting 2 penting.
- Ada saatnya kubu BD bilang market mau crash, besoknya naik
- Ada saatnya para retail semangat, besoknya digebug.
- Ada saatnya muncul posting posting aneh yg bikin EMOSIONIL dan membuat mailbox penuh dengan posting yg engga diperlukan, besoknya market jatuh dalam atau naik tinggi.
- Ada saatnya muncul software atau oprekan baru, sehingga milis begitu rame sehingga menutupi hal PENTING buat besok.

Jadi intinya buat member baru yg belum begitu mengerti tentang OB, anda harus menyadari:
- Milis OB adalah milis yg COMPLEX secara sosial dan psikologis karena selain Bear dan Bull bertarung ttg opini ada juga kubu BD dan Retail yg memberikan misleading information.

Untuk member baru memang cukup merepotkan, tapi dengan cara beginilah milis OB menjadi BAROMETER yg mendekati keadaan nursa yg sebenarnya, yaitu dengan segala taktik dan tepu tepunya.

Untuk memudahkan, anda bisa menandai orang orang 'TITIPAN' tsb, orang orang aneh itu engga banyak sejak embah memberlakukan perdaftaran saat masuk OB sehingga TOPENG MONYET menjadi minimal.

Embah punya daftar lengkap orang orang tsb, tapi karena orang2 tsb juga punya hak yg sama di OB, embah tidak mempublikasikannya.

Pagi ini NUANSA milis OB agak berbeda dari biasa, ini mengkonfirmasi hitungan embah tadi malam tentang posisi BD sejak tgl 11/11 pada LQ45 dan saham bakrie sebesar 50% dan 40% ada benarnya. Yaitu pihak BD dan Retail kejedut jika kasus Dubai membesar...

Pada umumnya kubu BD punya access info yg lebih baik dibanding para retail, jadi kubu BD umumnya SELALU menang...

Ini yg membuat orang suka melakukan BROKER ANALYSIS agar bisa ikut pada posisi BD agar bisa ikut memang.

Selain itu , jika anda membaca posting seseorang 'titipan', anda harus melakukan ANALISA MOTIF POSTING selain melakukan analisa ISI posting, lalu anda CROSS CHECK dengan analisa technical dan fundamental....

Lainnya, kalo anda tiba tiba melihat jumlah posting yg melonjak, jangan kecewa dulu, umumnya ini adalah LEADING INDICATOR bursa, karena someting is about to happen tomorrow in the market.

Untuk membuat prediksi pengaruh Dubai terhadap index sangat susah:

- Yg bisa menjawab ini adalah pak Ekonom Beling, pak Sirait dan senior FA lainnya.
- Disamping itu, market sistem itu sangat complex, jadi jawaban seorang senior
economistpun belum tentu benar , apalagi kita ada pada PUNCAK INDEX, jadi cuman hoki hokian doang karena memang susah...

Untuk mudahnya dan kebetulan kita lagi hokie karena BEI libur, jadi kita bisa belajar dari reaksi bursa negara tetangga terhadap Impact kasus Dubai.

Anda bisa lihat grafik dibawah dan grafik Eropa sore nanti:



http://finance.yahoo.com/q/bc?t=5d&s=%5EKS11&l=on&z=l&q=l&c=%5EAORD%2C%5EHSI%2C%5EJKSE%2C%5EN225%2C%5EBSESN%2C000001.SS%2C%5ESTI%2C%5Epsi&c=%5EDJI

Kalo BD engga kejedut, jawabnya gampang: CRASH tanpa embel2...

Saat ini kalo diitung dari saat MANUVER BUMI, Posisi Trading BD kejedut di LQ45 sekitar 50% dan IHSG sudah balik keposisi sebelum MANUVER BUMI, jadi posisi trading BD udah RUGI GEDE...

Di Bakrie, mereka masih ada posisi 40% tapi harga BUMI masih 2375 jadi masih ada spelling 275 ke 2100 saat mereka mulai akumulasi.
Jadi posisi Trading saat ini masih IMPAS dengan sisa 40% di closing 2375. Jadi embah perkirakan manuver BUMI adalah scenario mendongkrak index yg GAGAL karena TIBA TIBA
MUNCUL case DUBAI pada scenario BUMI sebagai SAFE HAVEN STOCK...

Tapi kalo kita liat horizon jangka panjang:
- Mereka masih long di LQ45.

Yg membuat rumit:
- INDEX sudah susah naik karena selama 4 bulan terakhir engga ada dana segar masuk BEI. Ini bisa mentrigger investor untuk keluar dulu.

Karena posisinya Long, tentunya mereka akan pasang strategi DEFENSIF tapi dengan pemikiran mereka juga engga punya duit untuk menampung investor yg mau keluar, kecuali duit hasil SHORT BUMI mau digunakan.

Jadi perkiraan embah, mereka akan mengikuti IRAMA REGIONAL DANCING yg lagi turun, untuk mempersilahkan yg mau out duluan, mereka tidak akan melawan...

Baru mereka memutuskan mau ngapain sesudah IMPACT DUBAI bisa dipetakan...

Dubai dan Abu Dhabi iru negara emirat yg dekat bersebelahan...

Kalo harga property di Dubai turun 50%, berapa harga property di Abu Dhabi dan negara Emirat lainnya....

Kalo Bank di Abu Dhabi bermasalah maka bank bank lainpun akan kena getahnya....

Gimana mau nolong, jangan jangan perlu ditolong....

Dulu saat krisis property di US merebak, IHSG berekasi SANGAT NEGATIF, TAPI bisa naik lagi hampir keASALnya dan baru turun sepanjang 2008.

Jadi meramalkan market itu SUSAH bahkan untuk seorang senior economist...

Tentunya impact Dubai lebih kecil, tapi musti diingat kita berada pada TANDA2 PUNCAK IHSG sebelum kasus DUBAI muncul ???.

Perhitungan posisi BD tidak mungkin tepat atau pasti benar...

Kita cuman bisa kira kira apalagi tehniknya cuman SAMPLING.

Jadi percaya aja deh daripada engga ada data sama sekali ... hehehe..

No comments:

Post a Comment