Monday, April 16, 2012

Perubahan KONSEP untuk High profit trading/investment



Trading/Invesment untuk mencari HIGH PROFIT melibatkan perubahan konsep berfikir kita tentang Trading....

Embah BUKANLAH seorang trader JAGOAN, tapi coba perhatikan KONSEP/PARADIGMA yg MUNGKIN baru untuk anda jika anda mau jadi Profesional Trader/Investor yg SUKSES ...

Ini adalah Tulisan Pak Busur, seorang profesional trader, tulisan ini MUNGKIN membuka WAWASAN anda tentang High Profit Trading:
- Bacaan2 SEPERTI ini merupakah pelengkap bagi Profitunity karena Profitunity juga masih punya kekurangan2...

Money Management by Busur

Money management dalam pengertian saya simple pak,yang bisa saya resume sbb:

1.Yang pasti philosofinya yang utama preserving capital.gak punya capital artinya gak bisa partisipasi next oppotunity,out of bussines.Hal ini saya apply dengan cut loss cepet.saya gak pernah tahu apa yg terjadi didepan,begitu posisi loss sampai level tertentu, pasti saya buang dan gak pernah coba2 untuk average down.Dengan cutting loss cepat protofolio saya bersih dari yang merah,isinya ijo semua.proceed hasil cut loss cenderung untuk avg up atas posisi yang udah untung.Saya cut loss regularly and religiously.dengan demikian asset saya selalu liquid sebagai modal yg selalu tersedia untuk spekulasi di next/new opportunity.

2.Yang kedua Optimizing Capital,kalau first buying ,kelihatan untung, HOLD, jangan cepat ambil profit,jangan ngibrit, market akan rally 1-2 hari dan kemudian ada market reaction,harga turun lagi, tugas saya bertahan untuk cek support(gak usah woory profit akan ilang), dan seharusnya kalau saya benar,market akan balik,dan membentuk small konsolidasi dan akan ada next break,dimana itu kesempatan nambah posisi,dari mana asalnya duit? simple, buang posisi2 yang loss,dan avg up di winning position,atau gunakan margin.Sekarang sudah di second leg rally.Hold.saya awasi daily volume dan kenaikan harga.selama masih normal (steady accumulation dan steady uprising) saya biarkan, akan ada next konsol,disini saya sudah mulai nyari support level utk locking prorfit, kalau lolos level ini dan bentuk next break,mungkin sy avg up sedikt utk riding 3rd leg. dst.Dengan demikian portofolio saya kalau posisi bagus cenderung terkonsentrasi pada 1-2 sham saja (ini menurut saya salah satu bentuk MM) .Intinya kalau untung hold dan avg up an let the profit run.ini akan menambah posibility kalau saya bener a big money will be made.

Ringkasnya cutting my loss short , hold the winning trade,avg up n letting my profit run utk mengharap big profit.Cutting loss quickly merupakan wujud spiritualitas dan respek saya terhadap Market(tidak perduli sahamnya gorengan ,rebusan,bluechips,undervalue or over value), nggak mau cut loss artinya saya mengangap diri sendiri seperti Dewa yang gak bisa salah,saya hanya manusia biasa dan saya tidak meletakkan pride saya di posisi trading.Sedangkan Hold profit dan avg up merupakan wujud spirit dan harapan saya terhadap market,hoping for spectacular profit.

Ada adagium yang menjadi favorit saya (yg saya quote dari salah satu buku trading) dan sesuai dgn tema ini "While ameteurs go broke by taking large losses,profesional go broke by taking small profit" yang menunjukkan cutting loss quickly dan hold profit itu merupakan kesatuan yang tak terpisahkan seperti Yin dan Yang.

Realitasnya secara number of trades, saya sangat banyak mengalami lossing trades(akibat cutting loss cepat) sementara winning trades sedikit (tapi profit substansial secara absolut).Saya banyak mengalami open profit yang ilang (konsekuensi dari letting the profit run). Client saya kebanyakkan keqi melihat cara saya trading (khususnya yang trader),Beli di harga super mahal, banyak trades yang udah untung dikit jadi loss dikit, dan konyolnya sering dibeli balik di harga yang lebih tinggi ,Beberapa trade yang udah untung 20% diclose dengan untung cuman 10%(open profit ilang separuh) dan ada satu dua trade yang untung lumayan gede gak cepet diclosed untuk offset loss2 yang terdahulu,malah avg up.dst. Tapi setelah beberapa bulan mereka realized setelah melihat net final return dan untuk selanjutnya mulai comfort, so saya harus educate my client as well.

Kebanyakan pemain punya tendensi untuk has to be right over most the time,sehingga ada tendensi kalau untung harus cepet diambil sedangkan kalau rugi di hold ,kalau perlu average down berlawanan dengan strateg Money Management diatas.Kalau operate dengan cash gak masalah paling returnya yang mediocre,tapi kalau operate dengan margin,karir di bidang spekulasi akan berumur sangat pendek.Kita tanya aja player yang main selama 1 tahun terakhir di Poly,TMPI antara golongan yang Avg Up vs golongan yang Avg Down (lepas dari timing,teknik trading atau level berapa mereka ambilnya) bagaimana kesan2nya?

Melawan naluri? melawan human instinct? Psychologically uncomfotable? ya ,sama halnya utk menjadi top atlet itu psychologically uncomforable, bangun pagi latihan,siang latihan sore hari harus tidur cukup,gak bisa dugem semaunya,makan harus dijaga, sehari2 terima semprotan pelatih dst..dst. To be a TOP DOG is pychologically uncomfortable awalnya,tapi selanjutnya akan sangat mudah.

Saya percaya dengan Luck,tapi saya sangat percaya bahwa Luck harus di manage secara sistematis,dengan cara seperti diatas yaitu cut loss quickly supaya gak jadi bad luck dan kalau bener (kelihatan untung) push and stretch my luck dengan avg up position dan hold , dengan demikian on the long run Luck akan menjadi Fortune.

Saya percaya pada Streak. Idealnya gak ada streak,dimana porfitable trade dan lossing trade gantian. Tapi di realitasnya nggak begitu, ada kalanya kita mengalami periode lossing streak,yaitu berturut loss,loss dan loss, ada sisi lain ada periode profit profit dan profit. Dalam menghadap lossing streak, saya cenderung menurunkan size trading sampai lossing streak berakhir(cenderung defensive) begitu memasuk winning streak,saya cenderung agresive dan sangat agresive. (ini merupakan salah satu bentuk lain dari MM)

Mengenai berapa percent risk capital untuk 1 singgle trade, itu bisa 2-5%,(artinya lossing trade gak boleh lebih dari angka tsb diatas) Tapi saya apply awal 2 trading(biasanya pada set up trading account baru dan di General market sideways) Setelah berjalannya waktu, trading account udah menunjukkan profit lumayan ,say 30-40%, saya mulai agresif,saya mungkin risking 10-20% dari last reval equity, dengan syarat General market mendukung seperti saat ini.

Saya juga percaya bahwa MM skill ini bisa dilatih, awalnya dengan size kecil dan cash,lama lama akan terbiasa dan pulling the triger akan menjadi reflek ,seperti kita main badminton/pingpong saja, kapan waktu smash,kapan defend,dst.Di MM ini kalau sudah terbiasa,tahu kapan harus berani trade dengan jumlah besar, dan kapan trade dengan size main2,dan kapan get out secepatnya at all cost dengan reflek/otomatis.Dan jangan melihat itu duit,jangan bandingkan dengan gaji yang kita terima ajeg bulanan tapi anggap saja score main Video Game biasa.

Wanna be a Top Dog? Shift your paradigm! Ini sebenarnya simple ,merely a take and give game, Hanya kita yang sudah dewasa dan sekolah ketinggian biasa membuat hal simple jadi susah dan ruwet.

No comments:

Post a Comment