Tuesday, August 31, 2010

Hostile takeover BUMI??

Hostile takeover BUMI??

Ilmu Kang Bagus tambah mantap aja, ilmunya mulai merambah ke pengetahuan/skill untuk TAKE OVER, HOSTILE TAKE OVER...

Embah jadi inget film Love story Pretty Woman, Yulia Robert si hooker yg menarik ama Richard Gere, millioner yg profesinya melakukan TAKE OVER atas perusahaan yg dibuat TIDAK BERDAYA untuk dijual lagi atau dipreteli dijual part by part.

Apa mungkin BUMI di hostile take over ? mengingat yg punya adalah ketum partai politik besar. Jangan jangan nasibnya bakal lebih buruk dari yg dialami Sri M.


Bagus Putra Perdana
hostile takeover (kalo ada) pengaruhnya malah bagus. bisa naro board, minimal bawa angin yg berpihak ke pemegang saham publik lain. tapi untuk itu ;

1. harus ngumpulin banyak di pasar. (ada yg ngerasa bumi dikumpulin sekarang? saya ko enggak). minimal setara 10% enlarged capital after non-pre RI 2. kalo pun yg 10 % udah dikumpulin di pasar. mungkin bisa approach langsung cash deal untuk tebus non pre RI.

tapi kayanya gak ada yg berani, aset bumi udah digadein sama manajemen saat ini. istilahnya separo kapabilitas bumi disandera cuman bisa berguna kalo pemegang saham pengendali masih orang-orang saat ini. mungkin ada covenant juga sama CIC bahwa pemegang saham pengendali harus tetep selama masa pinjaman diberikan.

being hostile di BUMI bisa di hostile balik mungkin ama bakrie. tambah di-kill lagi shareholder value nya. dibikin bangkrut sekalian, KPC sama Arutmin udah dijaminin. itu aja bisa bikin yg ikut masuk gak berkutik ama bakrie. toh perjanjian bawah tangan sama CIC kan gak pernah didisclose. kalo emang pada suatu kasus kpc sama arutmin bisa dieksekusi sama CIC blon tentu gak ada perjanjian belakang yg tetep
melimpahkan sebagian hak kepemilikan kepada bakrie (entitas lain milik bakrie diluar BUMI).


tapi saya dukung deh kalo ada yg mo hostile di bumi, get rid of those value-destructing board. toh resminya bakrie cuman ada 9% di bumi skrg. sisanya publik. tapi yg mewakili saham publik gak ada 1 perwakilan pun di board bumi. terakhir emang ada yg kayanya ngumpulin banyak lewat DH itu. tapi akhir2 ini malah adem-ayem ya. tapi gaktau jg deh kalo yg gini2 saya gatau tekniknya.

No comments:

Post a Comment