Monday, February 8, 2010

IHSG: Wave C is running to pak OEN

IHSG: Wave C is running to pak OEN

Tanggapan Embah atas tulisan Bp/Ibu Yuta

Embah berani tebak anda adalah seorang Economist yg handal...

Karena anda bukan saja bisa membuat analisa tapi anda bisa membuat suatu kesimpulan JITU yaitu:
- Crisis sekarang lebih besar dari Dubai Crisis.

Embah tidak terlalu mengerti apa yg anda tulis tapi embah YAKIN: Kesimpulan anda akan terbukti BENAR...

Kita lihat saja hasilnya nanti ...


"YUTA" wrote:

Embah,

Saya melihat magnitude dari sovereign debt crisis ini dan collateral damagenya akan jauh lebih besar daripada dubai world. Alasannya simple, dubai case hanya terisolir dengan property sector dan risk-nya hanya terhadap european bank. Tapi ini adalah cikal bakal, kalau boleh dibilang salah satu triggernya ke masalah sekarang ini.

Sovereign bond di guarantee oleh negara, dan kita tahu ada kasus dahulu negara bisa/hampir bangkrut jika tidak bisa bayar ke debitor, misalkan argentina di tahun 2001, kalau tidak salah.

Kita tahu bahwa euro union sangat rentan dengan gap (income, gdp dll), dimana one failure bisa mengakibatkan domino effect ke euro zone secara menyeluruh, dan pastinya world wide jika tidak diselesaikan.
Sovereign default equal to government bancruptcy, bukan corporate nor bank or even individuals. USD index sendiri, kalau tidak salah 60% weightnya adalah ke EUR, jadi dengan pelemahan EUR efek kepada USD dan multiple effect ke saham dan komoditas akan menjadi "black hole" to certain degree.

Mudah2an hal yang kita khawatirkan yaitu W or L recovery tidak terjadi, karena terus terang hiccups soal eur zone sovereign default ini tidak terlalu dianggap serius sebelumnya. Entah sekarang...

YUTA

No comments:

Post a Comment